Minggu, 01 Januari 2017

9 Cara Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi Dengan Cepat

9 Cara  Tepat Dan Cepat Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi

9 Cara  Tepat Dan Cepat Turunkan Kadar Kolesterol Tinggi  - Kolesterol tinggi merupakan keadaan dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilim yang sebagian besar diproduksi di hati dan bagian lainnya didapatkan dari makanan. Kondisi kelesterol tinggi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Penyakit yang mengintai penderita kolesterol tinggi biasanya dikaitkan dengan adanya pengendapan kolesterol berlebihan pada pembuluh darah, Seperti stroke dan serangan jantung.

Berikut merupakan Cara Menurunkan Kolesterol Dengan Cepat Dan Aman

1. Coklat

Coklat merupakan antioksidan yang kuat dan membantu pembentukan kolesterol baik HDL. Tapi perlu diketahui, pilih coklat yang hitam atau pahit. Dibanding coklat susu (milk chocolate) coklat hitam punya kandungan antioksidan tiga kali lipat lebih banyak. Antioksidan mencegah penggumpalan darah yang dapat menyumbat arteri.

2. Haver atau Oat

Makanan yang di Indonesia dikenal sebagai Havermut berasal dari sejenis biji-bijian. Dalam studi terhadap sejumlah responden berkadar kolesterol tinggi, mereka yang makan bubur havemut selama sebulan, terbukti kadar kolesterol berkurang 5% dibanding yang makan bubur dari beras. Sementara LDL-nya bahkan berkurang 10%.

3. Alpukat

Dapat dimakan dalam bentuk apa saja. es alpukat, pelengkap sajian ikan, omelet atau selada. Menurut studi Universitas Pennsylvania pada sejumlah penderita obesitas, mereka yang berdiet lemak secara moderat tapi makan alpukat, kolesterol LDL berkurang 14mg/d. Sementara yang berdiet lemak ketat tapi tidak makan alpukat hanya turun 7mg/dL.

4. Kacang Walnut

Kacang walnut banyak digunakan pada kue. Tapi ini juga dapat dimakan seperti menyantap kacang, atau diminum sebagai susu. Mereka yang menyantap sekitar 1,5 ons selama enam hari dalam sebulan mengurangi total kolesterol 5,4% dan kolesterol LDL sebanyak 9,3% maka kacang-kacangan lain juga jadi opsi bagus. Tapi hati-hati : Kacang-kacangan mengandung banyak kalori.

5. Teh Hijau

Sebab kolesterol pada dasarnya dibutukan tubuh, yang penting adalah mengurangi kolesterol buruk LDL, tampa mengurangi kolesterol baik HDL. Untuk proses ini teh hijau terbukti membantu, demikian hasil riset yang dipublikasikan di Amerika Jounal of Clinical Nutrition.

6. Margarin

Mengganti mentega dengan margarin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Menurut studi, margarin yang mengandung sterol nabati (fitosterol) menunjukan bisa menahan penyeraban kolesterol pada saluran pencernaan manusia. Studi juga menunjukan, perempuan yang menggunakan banyak sterol nabati dalam diet mampu menurunkan kadar kolesterol 3,5%.

7. Bawang putih

Bawang putih sudah terkenal khasiatnya bagi kesehatan, disamping membuat makanan menjadi lezat. Selain membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, bawang putih juga mencegah penggumpakan darah, mengurangi tekanan darah tinggi dan memperkuat tubuh terhadap serangan infeksi. untuk itu dianjurkan makan 2-4 siung bawang segar tiap hari.


8. Bayam 

Bayam juga sudah terkenal sebagai makanan yang sehat. Menurut studi terbaru, menyantap makanan yang kaya lutein, walaupun hanya setengah cangkir, dapat membantu memperkuat dinding arteri sehingga dapat mencegah kolesterin menempel ke dinding pembuluh darah dan mempersempit arteri.

9. Minyak Zaitun 

Kalau sudah biasa menggunakan minyak zaitun untuk masak, bearti anda membantu menjaga kesehatan tubuh. Minyak zaitun kaya akan asam lemak tak jenuh tunggal yang mengurangi kadar kolesterol buruk LDL. Minyak zaitun selain dipakai menggoreng, juga digunakan membumbuhi selada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar