Senin, 14 November 2016

Ciri Dan Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi

Ciri Dan Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi

Ciri Dan Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi - Kolesterol merupakan keadaan dimana tingkat kolesterol dalam darah yang melampaui kadar yang normal. Kolesterol itu sendiri merupakan senyawa lemak berlilin yang sebagian besar diproduksi di hati dan sebagian lainya didapatkan dari makanan. Keadaan kolesterol tinggi bisa meningkatkan resiko terkena penyakit serius. Seperti stroke dan serangan jantung.

Banyak orang yang menganggap bahwa kolesterol adalah salah satu yang menjadi musuh tubuh dan membahayakan. Permasalahan kolesterol sering dikaitkan dengan beberapa penyakit seperti stroke dan penyakit jantung. Masalah kolesterol juga bisa muncul pada anak-anak tetapi kebanyaklan kolesterol mncul pada usia tua.

Gejala Penyakit Kolesterol Tinggi

Dalam tubuh manusia kolesterol tersebar dalam bagian-bagian tubuh tertentu seperti kulit otot, saraf otak dan juga jantung. Pada kondisi normal seseorang mempunyai kadar kolesterol 160-200 mg dan bisa dikatakan dalam fase yang berbahaya jika melebihi 240 mg yang bisa mengakibatkan stroke.

Total Kolesterol
< 200mg/dL--- -Ideal
200-239 mg/dL -- ambang batas resiko tinggi
240 > --------- Resiko tinggi

Gejala Awal Penyakit Kolesterol Tinggi

Beberapa gejala penyakit kolesterol tinggi. Pada beberapa orang ada yang merasa kesemutan, rasa sakit pada sendi, pusing atau migraik yang sering kambuh. Tetapi bagaimana pun juga ternyata kolesterol tidak menimbulkan gejala yang spesifik pada kebanyakan khasus.

Dokter ahli kolesaterol menyebutkan bahwa kadar kolesterol bisa diturunkan tampa menggunakan obat yaitu dengan cara menerapkan pola hidup sehat sebab yang menjadi penyebab kolesterol tersebut bisa ditemukan pada daging, susu, dan telur.

Meskipun kolesterol dibutuhkan tubuh tetapi organ hati telah menghasilkan 80% kolesterol sehingga tampa adanya kolesterol tambahan dari luar tubuh pun kebutuhanya sudah terpenuhi. Cara terbaik untuk melihat apakah kolesterol tinggi atau tidak dapat memeriksakan darah ke dokter dengan tes darah di laboratorium. Sebab kolesterol tinggi yang tidak terkontrol sangatlah berbahaya mampu mengakibatkan penyempitanpembuluh darah, stroke bahkan serangan jantung.

Beberapa Langkah jika anda terkena kolesterol tinggi dan ingin menurunkanya. berikut tips nya :

  • Mengonsumsi sayuir-sayuran tetapi jangan dimasak dengan santan, untuk alternatif bisa dijadikan lalapan.
  • Apabila minum susu, minum lah susu sapi tampa lemak
  • Apabila ingin mengonsumsi telur cukup konsumsi putih telur tampa kuning telur.

Makanan yang harus dihindari bagi orang yang terkena penyakit kolesterol tinggi. Antara lain :


  • Goreng-gorengan, mentega
  • Susu lemak tinggi, sosis atau keju
  • Gajih sapi, gajih kambing dan daging sapi berlemak.
  • Kepiting, kerang, udang, belut, siput mempunyai kadar kolesterol tinggi
Makanan yang dilarang untuk dimakan sebab mengandung kolesterol yang sangat tinggi. Diantaranya :
  • Cumi-cumi
  • Telur puyuh
  • Otak Sapi
  • Kuning telur
Selain dengan menerapkan pola makan sehat dan teratur, menjaga kebugaran tubuh juga sangat penting seperti dengan melakukan olahraga baik meningkatkan kolesterol baik menurunkan kolesterol jahat. Untuk mengurangi kadar kolesterol juga harus menghindari merokok dan tidak mengkonsumsi minuman yang beralkohol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar