Selasa, 29 November 2016

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui

Tanda-Tanda Kolesterol Tinggi yang Harus Anda Ketahui - Tak sedikit masyarakat yang masih belum mengetahui tanda-tanda kolesterol tinggi merupakan suatu pengetahuan yang perlu anda ketahui.


Kolesterol adalah suatu kata yang menakutkan banyak orang. Padahal tidak semua kolesterol itu buruk. Secara keseluruhan, kolesterol yang rendah merupakan hal yang baik kecuali jenis kolesterol HDL yang justru harus tinggi. Kolesterol sebetulnya diperlukan untuk regenerasi sel tubuh, tetapi kedaan yang terlalu tinggi bisa membuat kita beresiko terkena banyak penyakit. Maka tanda-tanda kolesterol tinggi sebaiknya anda ketahui.

Tanda-tanda Kolesterol Tinggi yang Berbahaya

Kadar kolesterol dalam darah tidak selalu berkorelasi dengan berat badan atau komposisi lemak di bawah kulit. Ada orang yang memiliki berat badan lebih yang memiliki komposisi kolesterol darah yang baik dan tak jarang juga orang dengan berat badan ideal yang kadar kolesterol dalam darahnya buruk.

Berikut merupakan tanda-tanda kolesterol tinggi dalam darah:

Awalnya tidak bergejala

Meski populer di tengah masyarakat bahwa tanda-tanda kolesterol tinggi dalam darah adalah terasa pegal di pundak atau tengkuk, tetapi pernyataan tersebut tak selalu benar. Dari sudut pandang ilmu kedokteran, kolesterol tinggi tidak akan menyebabkan pundakatau tengkuk pegal bila keadaan kolesterol tinggi masih di tahap awal. Tetapi justru hal ini perlu sangat diwaspadai.

Periksa kadar Kolesterol Darah di Laboratorium

Apabila hasil tes kolesterol di laboratorium menunjukan angka yang tinggi. Karena pada awalnya tidak bergejala, maka hal yang paling bijak yang bisa dilakukan adalah untuk memeriksakan kadar kolesterol ke laboratorium bila sudah menginjak usia 20 tahun. Bila mungkin ulangi dalam 2 tahun sekali. Angka kadar kolesterol yang tinggi bisa menjadi tanda bahaya dan waspada sebelum organ tubuh anda terserang penyakit yang lebih berat seperti serangan jantung

Nyeri Dada

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang berbahaya adalah bila terasa nyeri dada. Ini merupakan salah satu gejala penyakit jantung. Penyakit jantung yang bisa timbul sebab kolesterol tinggi ialah serangan jantung dan gejala serangan jantung. Yang dimaksud dengan gejala penyakit jantung ialah keadaan dimana jantung kekurangan oksigen dari darah sehingga terasa nyeri namun sel jantung masih hidup. Tetapi serangan jantung sendiri adalah keadaan dimana jantung tidak mampu mendapatkan oksigen sehingga sel jantung mati. 

Nyeri dada yang khas pada penyakit jantung yaitu nyeri yang dirasakan di dada kiri, atau di ulu hati. Terasa seperti tertindih atau terkekan benda berat, bisa menjalar ke lengan pundak dan rahang kiri serta disertai keluarnya banyak keringat dingin.

Kaki cepat pegal, kesemutan dan mati rasa ketika aktivitas 

Ini adalah tanda-tanda kolesterol tinggi bila organ otot dan saraf di kaki kekurangan asupan nutrisi dari darah. Gejala yang dirasakan yaitu cepat pegal, kesemutan dan mati rasa padahal aktivitas yang dilakukan termasuk ringan. Bahkan pada stadium akhir, kaki akan merasakan sensasi tidak nyaman tersebut ketika beristirahat dan bisa terasa dingin terus menerus.

Stroke dan Gejala Stroke

Tanda-tanda kolesterol tinggi yang berbahaya lainya adalah bila sudah terjadi stroke atau gejala stroke. Penyakit stroke adalah suatu penyakit yang disebabkan berkurangnya aliran darah ke otak sehingga otak kekurangan oksigen. Gejala dari stroke sendiri ialah tidak bisa menggerakan tangan atau kaki di satu sisi (contohnya kanan saja), bicara rero,tidak dapat menggerakan muka, merasa kesemutan atau kesemutan di satu sisi. Bahkan dapat membuat orang yang menderitanya tidak bisa berbicara sama sekali.

itulah merupakan tanda-tanda kolesterol yang harus anda ketahui. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar