Selasa, 13 Desember 2016

Cara Sehat Makan Nasi Padang Tampa Harus Khawatir Kolesterol

Cara Sehat Makan Nasi Padang Tampa Harus Khawatir Kolesterol 

Cara Sehat Makan Nasi Padang Tampa Harus Khawatir Kolesterol - Banyak sekali orang yang menyukai nasi padang, apalagi makanan terfavorit ini sangat nikmat bila disantap saat makan siang. Sayangnya, kelezatan makanan serba bersantan dan berdaging ini kerap dianggap mencetuskan kolesterol tinggi.

Selain memicu terjadinya kolesterol, masakan padang juga mengandung purin sehingga meningkatkan kadar asam urat dalam darah.

Menurut Dr. Ari  Fahrial Syam MD, PhD, FACP, dari divisi gastroentrologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Kalau anda tahu bagaimana menyantap makan nasi Padang dengan bijak, tetap dapat menikmatinya dengan sehat.

Meski cara memasak masakan Padang selau dipanaskan berulang, Anda perlu mengakalinya dengan asupan sayuran rebus. Inilah cara yang bisa ditempuh untuk meminimalkan asupan kolesterol. Saat makan nasi Padang, dr Ari menyarankan untuk mengonsumsi timun maupun rebusan daun singkong.

"Serat yang terkandung dalam kedua sayuran ini bisa membantu mengurangi asupan kolesterol di usus halus. Pada umumnya kedua macam sayuran ini selalu tersedia di rumah makan Padang," jelasnya.

Ada baiknya untuk membatasi lauk saat makan masakan Padang. Cukup satu lauk saja, sebab tubuh kita perlu memoderasi asupan garam. Lidah kita dapat mengukur kadar garam dalam kandungan lauk masakan Padang.

Dr Ari mengingatkan, jangan lupa mengonsumsi buah-buahan sebagai makanan penutup. Bagaimanapun, makanan berserat perlu diperbanyak untuk 'menetralkan' kolestrol jahat dalam tubuh. Selamat makan siang!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar